Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Promosikan Desa Wisata Lompoloang, Kejuaraan Klub Balap Motor GTX dan MX 2024 di Sirkuit Tanah Liat Bukit Hijau Digelar

Admin
Rabu, 09 Oktober 2024 Last Updated 2024-10-10T01:32:33Z


Penulis: Abdul Wahab Dai


WAJO-Desa Lompoloang yang terletak di Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan tak lama lagi akan menggelar ajang Kejuaraan Klub Balap Motor GTX dan MX 2024.


Ketua Panitia Pelaksana 

Suhasmin, S.E. kepada media ini menyebut ajang ini merupakan kerjasama antara Club Speedy dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) Citra Mandiri Lompoloang dan akan dihelat selamat dua hari yakni Sabtu-Minggu 19-20 Oktober 2024.


Ditemui di Warkop Turatea Siwa akhir pekan lalu Suhasmin menjelaskan maksud kegiatan dengan mengatakan bahwa kegiatan ini adalah sebagai bentuk promosi keberadaan Desa Wisata Lompoloang sekaligus menumbuhkan minat dan bakat dari para bibit pembalap di seluruh wilayah Sulawesi Selatan terkhusus Kabupaten Wajo.


Desa Lompoloang adalah salah satu dari 27 desa/kelurahan yang ada di Kecamatan Pitumpanua dan dikenal sebagai Kampung Moderasi Beragama selain dikenal sebagai Desa Wisata --dengan hadirnya Kolam Permandian bantuan Kemendes PDTT RI tahun 2023 lalu--. Di sebelah kolam ini terdapat arena balapan tanah liat yang diberi nama Sirkuit Bukit Hijau Desa Lompoloang.


***


Di Lompoloang sendiri hidup harmonis  sejak lama antara penganut Islam yang mayoritas dan Nasrani yang minoritas. Data yang diperoleh dari Pemerintah Desa Lompoloang oleh media ini pada bulan November 2023 menunjukkan di desa ini terdapat 1.229 jiwa (553 pria dan 676 wanita) penganut agama Islam dan 300 jiwa (170 pria dan 130 wanita) penganut agama Protestan serta 16 jiwa (9 pria dan 7 wanita) penganut Katolik.


***


"Ini kami mencoba membantu promosi Desa Wisata, membantu Pemprov Sulsel dan Pemkab Wajo dalam meningkatkan kunjungan wisata olahraga."


Menurut Suhasmin pihaknya mencoba meningkatkan kunjungan wisata olahraga terutama di bidang grasstrack motocross. "Ini juga dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat sekitar melalui kunjungan yang masuk ke Desa Lompoloang," harap Suhasmin, pegiatan Himpunan Pelajar Mahasiswa Wajo (Hipermawa) pada masanya.


Suhasmin berharap ajang ini dapat menjadi awal dari kegiatan yang lebih besar di kemudian hari seperti kejurda maupun kejurnas.


Suhasmin sendiri mencoba menetapkan target 15.000 pengunjung pada ajang dua hari ini. Tak tanggung-tanggung pihak penyelenggara mengoonfirmasi kehadiran Mohammad Zidan Alnesa - peraih medali emas Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 cabor Grasstrack. 


Akan hadir pula satu-satunya pembalap perwakilan Indonesia di ajang MXGP International 2024 yakni Delvintor Alfarisi di Sirkuit Bukit Hijau Desa Lompoloang.


Sumber Gambar: Suhasmin


Berita Lainnya

Tampilkan

  • Promosikan Desa Wisata Lompoloang, Kejuaraan Klub Balap Motor GTX dan MX 2024 di Sirkuit Tanah Liat Bukit Hijau Digelar
  • 0

Terkini

test