Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Paslon AR-RAHMAN Besut Visi Wajo Maradeka, Empat Misi dan Delapan Program Disiapkan

Admin
Jumat, 30 Agustus 2024 Last Updated 2024-08-30T14:57:12Z


Abdul Wahab Dai

Kontributor


WAJO-Media ini berhasil mewawancarai H. Muh. Ashar Karateng, Ketua Tim Pemenangan Bakal Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Wajo Periode 2025-2030 H. Andi Rosman, S.Sos, M.M. dan dr. H. Baso Rahmanuddin, M.M., M.Kes. yang berslogan AR-Rahman, Jumat, 30 Agustus 2024 siang.


Ashar Karateng menyebut Visi AR-Rahman sebagai "Wajo MARADEKA" yang merupakan akronim dari Maju, Religius, Bermartabat, Terdepan, dan Berkeadilan. "Kata MARADEKA menggambarkan karakter kepemimpinan daerah yang mandiri dalam pengambilan keputusan dalam pemerintahan dan pembangunan sesuai dengan tugas dan kewenangan," kata mantan Sekretaris Umum HMI Cabang Makassar era awal 1990-an ini.


Putra Pitumpanua ini kemudian  menjabarkan makna ke lima kata ini misalnya kata 'Terdepan' yang bermakna kondisi di mana Kabupaten Wajo memiliki kemampuan dan keunggulan kompetitif yang berbasis pada potensi lokal unggulan daerah sehingga dapat berkompetisi di tingkat regional dan nasional.


Ditanya soal Misi AR-Rahman, Ashar menjawab bahwa dalam rangka mewujudkan Visi Wajo Maradeka maka bapaslon dua mantan birokrat ini menetapkan 4 misi yang dirumuskan ke dalam 8 Program Unggulan untuk Wajo.


Misi Pertama adalah Mewujudkan Kemandirian dan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pembangunan Ekonomi yang Inklusif. Misi Kedua adalah Membangun Sistem dan Budaya Birokrasi yang Profesional dan Moderen dengan Menghadirkan Pelayanan Publik yang Mudah, Terjangkau, Cepat dan Tepat bagi Seluruh Masyarakat.


Misi Ketiga adalah Mewujudkan Masyarakat yang Sehat, Cerdas, Produktif, dan Berkarakter. Sedangkan Visi Keempat adalah Mewujudkan Keadilan Ekologis untuk Keberlanjutan Pembangunan bagi Generasi Mendatang.


Adapun 8 Program "Wajo Maradeka" adalah Pertama: Pintas Maradeka. Pintas atau Program Infrastruktur dan Transportasi, Kedua: Pertanian Maradeka, Sehat Maradeka, Manusia Maradeka, Muda Milenial Maradeka, Kota Maradeka Bermartabat, Desa Mapan Maradeka, dan Layanan Maradeka.


"Visi, Misi, dan Program ini telah mempertimbangkan dan karenanya telah diyakini bersesuaian dengan Visi dan Misi Daerah serta arah kebijakan dan sasaran pokok dalam Dokumen RJPD Kabupaten Wajo 2025-2045," ujar pegiat ornop Sulawesi Selatan sejak 1990-an ini.


"Dengan menyandang akronim AR-Rahman, Andi Rosman dan Dokter Baso akan hadir menberikan kebaikan dan Harapan Baru untuk Wajo," kunci alumnus Fakultas Ekonomi Unhas dan bergiat di Himpunan Pelajar Mahasiswa Wajo pada masa mahasiswa ini.


Sumber Foto: Warganet dan Akun Facebook/Atas Perkenan Ashar Karateng

Berita Lainnya

Tampilkan

  • Paslon AR-RAHMAN Besut Visi Wajo Maradeka, Empat Misi dan Delapan Program Disiapkan
  • 0

Terkini

test