Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Bertemakan 'Harmoni Danau Tempe', Festival Danau Tempe 2024 Targetkan Dua Puluh Ribuan Pengunjung

Admin
Rabu, 21 Agustus 2024 Last Updated 2024-08-22T15:55:13Z

 


Laporan Abdul Wahab Dai


WAJO-Danau purba Danau Tempe di jazirah selatan pulau Sulawesi kembali bergeliat. Kali ini Festival Danau Tempe (selanjutnya disingkat FDT) 2024 menargetkan 20.000-an pengunjung sebagaimana disebutkan oleh Anjas Asmarah, S.S., M.A.P.,  Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif (Ahli Madya) pada Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Wajo dalam sebuah percakapan telepon dengan kontributor Abdul Wahab Dai (Selasa, 20 Agustus 2024).


Data menunjukkan naik-turun jumlah kunjungan tahunan pada perhelatan FDT lima tahun terakhir. FDT 2019 meraih 12.000-an pengunjung. Wabah Covid-19 membuat FDT 2020 dan 2021 harus absen di tengah berbagai kuncitara dan pembatasan-pembatasan demi  menekan penyebaran wabah.


FDT 2022 kembali hadir dengan 11.200-an pengunjung saat dunia perlahan mulai melupakan Covid-19. FDT 2023 kembali menggebrak dengan 16.800-an pengunjung. Demikian data yang dibeberkan Anjas. Hal ini dibenarkan oleh Kabid Pemasaran Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Disporapar Kabupaten Wajo Asriyanty, S.Sos., M.A.P. saat dikonfirmasi hari ini.


FDT 2024 ini akan berlangsung pada dua matra yakni matra danau di pesisir Desa Assorajang, Kecamatan Tanasitolo dan matra darat di kota Sengkang, ibu kota Kabupaten Wajo tak jauh dari danau tektonik yang kesohor akan ikan-ikan endemiknya berupa spesies ikan air tawar yang tidak dapat ditemui di tempat lain ini yakni ikan mujair, ikan gabus, ikan sepat, ikan emas, ikan kertas, ikan tawes, ikan lele, dan udang.


Harmoni Danau Tempe adalah tema festival di danau yang dangkal ini. Danau ini pula kerap menjadi kawasan penelitian bagi para ilmuwan dan menjadi kawasan konservasi bagi pegiat lingkungan.


Dari Disporapar Kabupaten Wajo diperoleh keterangan FDT akan digelar 23-28 Agustus 2024. Tercatat ajang-ajang di matra danau yakni Lomba Perahu Hias, Lomba Perahu Dayung, dan Lomba Perahu Mesin.


Ajang-ajang di matra darat sangat variatif dengan ajang-ajang Lomba Fotografi, Karnaval Busana Sengkang, Idola FDT, Lomba Lomba Kuliner, Lomba Desain Motif Sutra, Lomba Peragaan Busana Hijab Cilik, Lomba Desain Logo Porprov XVIII Sulsel, Lomba Menyanyi, Peragaan Busana Sutra, Peragaan Busana Adat, Seni Pertunjukan, dan Lomba Tari Kreasi.


Danau Tempe memiliki luas sekitar 13.000 hektar dan merupakan danau penghasil ikan tawar terbesar di
dunia. Jika dilihat dari ketinggian tampak bagaikan sebuah baskom raksasa. Danau ini menjadi sumber penghidupan dan mencari ikan tidak hanya bagi masyarakat Kabupaten Wajo tetapi juga sebagian masyarakat Kabupaten Soppeng dan Kabupaten Sidrap.

"Salah satu upaya Pemerintah dan bentuk komitmen Pemerintah untuk memperkenalkan dan memajukan wisata Danau Tempe adalah digelarnya Festival Danau Tempe yang dilaksanakan setiap tahun pada tanggal 23 Agustus," demikian Anjas menutup wawancara.


Sumber Foto: Syaharuddin, Maya Asrianti, Widyawati Sofyan, Arwan, Wahidin, Hasby Abbas, dan warganet lainnya.


Berita Lainnya

Tampilkan

  • Bertemakan 'Harmoni Danau Tempe', Festival Danau Tempe 2024 Targetkan Dua Puluh Ribuan Pengunjung
  • 0

Terkini

test