Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Delapan Tahun Jabatan Kepala Desa, Al-Fati dan Junisatri Berharap Begini

Admin
Minggu, 21 Juli 2024 Last Updated 2024-07-21T23:58:56Z

Abdul Wahab Dai

Kontributor


WAJO-Dalam sebuah diskusi dengan media ini semalam (Minggu, 21 Juli 2024) menyangkut Pengukuhan Penambahan Masa Jabatan Kepala Desa dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa dalam Daerah Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan --dari 6 tahun menjadi 8 tahun-- yang akan digelar di Lapangan Merdeka Jalan Masjid Raya Sengkang pagi ini Senin, 22 Juli 2024 pagi, Camat Gilireng Andi Muhammad Al-Fati, S.IP., M.Si. menaruh banyak harapan kepada para kepala desa di wilayahnya.


"Saya berharap agar mereka dapat memanfaatkan perpanjangan masa jabatan ini untuk berbuat lebih baik dan lebih banyak untuk kepentingan masyarakat dan memenuhi kebutuhan masyarakatnya sehingga visi dan misi yang telah disusun dapat dilaksanakan dengan tuntas," kata mantan Sekcam Pitumpanua dan mantan Camat Keera ini.




Selain hal tersebut, katanya, diharapkan perpanjangan masa jabatan ini dapat memberikan stabilitas kepemimpinan. "Harus dipahami oleh kepala desa dan BPD bahwa mereka adalah perpanjangan tangan Negera yang dekat dengan masyarakat dan mempunyai tugas yang besar," harapnya. Andi Muhammad Al-Fati adalah Camat Keera 2016-2020 sebelum bergeser ke Gilireng.


Al-Fati pun menanggapi pengukuhan ini dengan membandingkan antara masa jabatan 3 kali 6 tahun dengan masa jabatan 2 x 8 tahun. "Kita setuju dengan perpanjangan masa jabatan kepala desa dan BPD karena berbagai masalah yang muncul dengan pelaksanaan 3 kali periodesasi dapat diminimalisasi dengan 2 kali periodisasi dengan 8 tahun per periode. 


Walau tidak menyebut secara eksplisit soal ekses frekuensi pemilihan kepala desa yang sebelumnya lebih sering, tanggapan Al-Fati ini mengarah ke situasi kondusif yang ditimbulkan bila jarak antarpilkades lebih lama. 



Semenatara itu Camat Pitumpanua Junisatri Rasyid, S.STP. menganggap perpanjangan ini bisa menjadi motivasi dan semangat bagi para kepala desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. "Yakni pelayanan yang terbaik dan mampu menjalankan pemerintahan yang baik juga," ujarnya singkat dan normatif. 


Sumber Foto: Arsip Pemcam Keera, Koleksi Pribadi Junisatri Rasyid, dan Arsip kareba-celebes.com


Berita Lainnya

Tampilkan

  • Delapan Tahun Jabatan Kepala Desa, Al-Fati dan Junisatri Berharap Begini
  • 0

Terkini

test